Feed Reader Alternative untuk Google Reader

Standard

Setelah Google Reader sudah tidak tersedia lagi, apakah Anda sudah menemukan Feed eader alternative sebaik Google Reader?
Berikut kami mereview 3 feed reader yang menjadi populer dengan beberapa fitur uniknya sebagai alternatif untuk Google Reader.

Pattern sebagai background website

Feed Reader Alternative untuk Google Reader

Feedspot

Tampilan Feedspot sangat simple untuk membaca update news, sub-feeds dengan tags dan banyak lagi fitur-fitur sosial untuk membagi artikel feed dengan kontak atau teman Anda.

Anda bisa mengimpor feed Google reader dengan sangat mudah. Saat anda mendaftar, anda dapat memilih untuk mengimpor .xml file dari Google Takeout hanya dalam hitungan menit.

Setelah seluruh feed Anda ter-import, Feed dan folder Anda akan berada di sisi kiri homepage dan article yang belum terbaca berada di sisi kanan halaman. Content feed homepage bisa dipilih sesuai keinginan.

Feedspot juga menyediakan fitur Mobile App, Keyboard Shortcut, List view & Expanded view, Sorting (fitur untuk mengurutkan berdasarkan parameter tertentu) dan sharing via beragam sosial media yang populer saat ini. Favorites feed dapat diposting secara otomatis ke Facebook dan Twitter. Anda bisa ‘Follow Friends’ dan melihat feed items yang mereka share. Anda dan teman-teman Anda dapat saling share eksternal links, gambar-gambar (termasuk yang berformat .Gif) dan YouTube clip dan juga feed folders.

Untuk pelanggan Gold User dapat menikmati fitur-fitur tambahan seperti: membuat sub-feed folder untuk kategori artikel tertentu. Sedangkan free member harus cukup puas dengan layanan yang terbatas :D.

 

Netvibes

Netvibes merupakan pesaing Google Reader selama beberapa waktu. Kaya akan opsi untuk mengatur tampilan feed adalah kelebihan utamanya. Jika Anda menyukai tampilan yang super minimalis, sepertinya Netvibes tidak akan masuk kriteria Anda :D.

Kebetulan saya sendiri menggunakan Netvibes. Yang saya sangat suka adalah pilihan untuk menggunakan widget dalam me-retrieve suatu feed. Netvibes memiliki beragam fitur widget untuk menampilkan feed. Salah satunya, feed dapat tampil menggunakan slide widget. Dimana akan sangat memudahkan jika Anda berlangganan feed yang kaya gambar, seperti Flickr, blog photography, blog graphic design, dan sejenisnya. 10 hingga 20 Clip gambar posting terakhir suatu feed akan terlihat dalam box feed.  Jika Anda seorang designer dan sangat membutuhkan referensi visual daripada referensi text, maka opsi ini sangat sesuai bagi Anda

Bagian homepage atau start page-nya sangat mirip dengan iGoogle. Anda seperti memiliki dashboard yang menampilkan berita lokal, ramalan cuaca, dan beberapa feed pilihan. Anda bisa setiap saat browsing kategori koleksi feed Anda melalui horizontal tab, dan juga vertical drop down menu di bagian paling kanan tab kategori feed.

Satu hal yang menurut saya menjadi kekurangan Netvibes adalah waktu loading yang relative lama.

 

Feedly

Salah satu keunggulan Feedly adalah bahwa feed reader ini dapat diakses dari banyak jenis platform, baik desktop maupun mobile.

Tampilan default start-pagenya sangat minimalis dan bersih dengan pilihan layout ‘Title Only View’ yang mirip sekali dengan layout halaman Google Reader. Lalu juga tersedia tampilan ‘Magazine View’ di mana masing-masing artikel feed memiliki thumbnail dan keterangan singkat, dan tentunya juga dikelompokkan berdasarkan waktu atau tanggal publish posting, selain fitur ‘artikel terpopuler’ hari ini yang dapat di set hingga 3 artikel. Tampilan Magazine View sangat mirip dengan layout homepage blog yang minimalis, dengan sidebar menu di kiri dan kanan. Kemudian yang terakhir adalah ‘Cards View’ di mana masing-masih artikel dilisting dengan thumbnail dan keterangan secara menerus jika halaman Anda scroll down. Dua pilihan tampilan lainnya adalah ‘Full Article View’ dan ‘Grouped by Feeds View’

Anda dapat mengelompokkan feed artikel ke dalam group categori. Densitas tampilan dapat diatur, mulai dari compact mode hingga comfortable. Fitur sharing dapat dilakukan melalui Pinterest dan Twitter. ‘Recently Read’ adalah salah satu fitur Feedly yang dapat menyimpan histori feed artikel yang paling terakhir dibuka tiap kali Anda mengakses Feedly. Feedly dilengkapi dengan beberapa pilihan warna themes tertentu. Anda juga dapat mengedit warna link untuk membedakan artikel yang sudah dibaca dan yang benar benar fresh dari sumbernya.

Kekurangan yang dimiliki Feedly barangkali adalah karena pengguna baru diharuskan memiliki akun Google untuk register maupun untuk login.

 

Bila Anda memiliki Feed Reader favorit lainnya, silahkan menambahkan pada komentar 🙂

Artikel Terkait

2 thoughts on “Feed Reader Alternative untuk Google Reader

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *